Liburan aman untuk penderita asam urat

Liburan aman untuk penderita asam urat

Liburan aman untuk penderita asam urat

Asam urat sering menjadi masalah dan merasakan kesulitan setiap harinya, apalagi saat melakukan liburan. Kesulitan itu tidak terlau parah namun cukup mengganggu seperti perlu pilih-pilih makanan biar aman, duduk di kursi musti pealn-pelan, jalan bisa saja kerasa sakit ataupun nyeri.

Jika anda merasakan hal yang sama, sepertinya anda perlu lebih waspada dengan asam urat untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diiginkan saat liburan. Selain itu juga ada beberapa yang musti diperhatikan saat melakukan perjalanan. Lalu apa saja sih yang perlu diperhatikan/dipersiapkan oleh penderita asam urat?  Tenang saja, berikut ini adalah tips aman untuk liburan aman dari serangan asam urat.

Daftar isi

 

Minum air putih saat liburan

Pada umumya air putih sangat diperlukan oleh tubuh, bahkan yang  tidak memiliki/mederita asam urat tetap membutuhkan air putih untuk kesehatan tubuh. Mengapa penderita asam urat diharuskan konsumsi air putih? Karena dengan konsumsi air putih setiap hari apalagi saat liburan bisa membantu tidak terjadinya dehidrasi.

Air  putih untuk  Bagi mereka yang memiliki asam urat sangatlah penting puntuk mengkonsumi air putih yang  berguna untuk:

  1.  Mencegah dehidrasi, karena saat jarang minum air pputih(dehidrasi) akan memicu serangan asam urat pada beberapa orang
  2. Air putih juga bisa untuk membantu membuang asam urat didalam tubuh melalui urine. Saat banyak minum air maka kinerja ginjal jadi lebih baik untuk mengasilkan banyak urine yang bantu membuang asam urat berlebih dalam tubuh.
  3. Melumasi sendi serta menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Terdengar biasa namun ini bisa mengurangi nyeri dan peradangan pada penderita asam urat

Jadi pakah anda mau meninggalkan air putih? Hanya karena malas atau memang tidak suka air putih? Sebaiknya pertimbagkan lagi ketika tidak mau konsumi air putih.

Kenali makanan pemicu asam urat

Saat liburan pasti pengen makan apa yang kita lihat bukan? Jika iya, kalau bisa hindari sifat seperti itu meskipun kepengen banget. Kalaupun kepengen banget anda bisa nyoba sedikit saja, meski sedikit akan terasa efeknya. Makanan yang kita anggap menarik dan enak bisa jadi pemicu asam urat yang berakhir nggak bisa menikmati liburannya.

Makanan-makanan ini terkadang beda namanya saja namun aslinya bahan dasarnya sama misalnya seperti chicken katsu dan ayam goreng. Sama-sama ayam dan punya purin tinggi sekitar 141 gram(bagian dada tanpa kulit) dan 175 gram(bagain paha ayam tanpa kulit). Eits emang nggak bisa bedain? Bukan seperti itu yah, terkadang mata kalau udah kepengen cuma lihat tampilan/gambar dimenunya tanpa mengetahui chiken katsu itu dibuat pakai daging apa.

Emang ada kasus seperti itu? Ada pasti, dan terkcoh sama tampilan dimenu terus langsung pesannya. Kadang pula baru sadar setelah selesai makan kemudian kerasa pusing/asam uratnya kambuh.

Istirahat secara teratur saat perjalan liburan

Jika anda menggunakan mobil dan motor untuk melakukan perjalanan, perlu di perhatika jam istirahatnya meskipun duduk di balih stir mobil ataupun duduk di jok motor tetap saja itu jadi pergerakan yang berulang dengan waktu cukup lama. Solusinya anda bisa melakukan istirahat, bisa di rest area, masjid ataupun di penginapan sekalian jika anda melakukan perjalana sangat jauh.

Melakukan istirahat ini penting agar peredaran darah lancar dan badan nggak pegal di 1 posisi saja. Ingat juga bagi anda yang melakukan perjalana saat lliburan dipastikan harus rileks yah. Jangan sampai ada rasa ingin memaksakan badan biar sampai di tujuan tepat waktu,, yang ada badan malah sakit karena cenderung memaksakan. Apalagi ini tiidak bagus untuk penderita asam urat, karena yang mengalami asam urat sendi-sendi bisa pegal dan perlu peregangan juga.

Pastikan tidur yang cukup

Tidur sangatlah penting bagi kita, apalagi tidur bisa mengembalikan tenaga setelah seharian beraktivitas. Namun tidur juga bisa bantu penderita asam urat lebih baik karena dengan tidur yang cukup bisa bantu terhindar dari kelelahan saat liburan. Liburan pasti membutuhkan banyak tenaga apalagi jika liburan ditempat yang jauh dari pusat kota yang melelahkan, oleh karenanya perlu tidur yang cukup.

Untuk penderita asam urat lebih baik tidur selama 7-8 jam permalam.  Tidur yang cukup sangat membantu mengembalikan keseimbangan hormon serta mengurangi peradangan, termasuk juga peradangan yang terkait dengan asam urat.

Kesimpulan

Setiap akan berlibur ada baiknya kita harus menjaga badan seperti menghindari makanan yang tidak boleh dimakan.  sampai waktu tidur yang cuku.Tujuannya supaya badan tidak ngedrop atau lebih parahnya untuk jalan terasa sakit bila dipaksakan semua keinginan kita.

Jika anda ingin atasi asam urat tanpa obat saat liburan anda bisa konsumsi cuka nanas nenavin, karena cuka nanas bisa ngebantu asam urat turun ke angka normal.

Pesan sekarang juga