Awas!! Ini Dia 5 Efek dari Asam Urat Tinggi

Ilustrasi asam urat tinggi

Asam urat tinggi apakah bahaya?

Asam urat bisa dibilang salah satu penyakit yang terkadang muncul saat tidak sadar ternyata sudah terkena asam urat sejak lama. Dikutip dari my.clevelandclinic.org “Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda menderita hiperurisemia, terutama jika kadarnya hanya sedikit meningkat. Namun seiring berjalannya waktu, penumpukan asam urat dalam darah bisa menimbulkan rasa sakit dan gejala lainnya. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan di seluruh tubuh Anda.” Lalu apakah bahaya? Jelas asam urat tinggi bisa berbahaya karena bisa berakibat jangka panjang sampai kepikiran tiap hari.  

Apa saja efek dari asam urat tinggi?

Bisa saja anda tidak menyadari terkena asam urat tinggi, namun seiring berjalannya waktu asam urat yang menumpuk bisa memunculkan rasa sakit dan gejala lainnya.

Asam Urat bisa bahaya jika dibiarkan begitu saja, sebab bisa menjadi boomerang di masa depan nanti dan efeknya membuat kita khawatir setiap hari. Kemudian apa yang terjadi/efek dari asam urat itu? Berikut ini 5 efek yang terjadi jika asam urat di biarkan: 

  1. Tophi 
  2. Kerusakan sendi
  3. Batu ginjal
  4. Gangguan tidur
  5. Gangguan mental

Tophi

Terjadi ketika asam urat dalam tubuh tidak diatasi yang membuat asam urat menumpuk pada sendi. Tophi juga bisa dikatakan sebagai asam urat yang menumpuk dibawah kulit.

Tophi biasanya berbentuk kecil saja namun bisa semakin membesar saat kadar asam urat terlalu tinggi dibiarkan begitu saja. Tophi urat yang mengalami radang bisa saja pecah sewaktu-waktu dan akan keluar cairan putih mirip seperti pasta gigi yang berupa campuran nanah serta kristal asam urat.

Kerusakan Sendi

Sendi yang mengalami kerusakan bisa dikatakan sebagai efek yang umum terjadi bagi penderita asam urat. Sendi yang rusak dan merasakan sakit ini terjadi saat asam urat menumpuk di sendi. Efek kerusakan sendi ini juga langsung terasa saat kita melakukan aktivitas sehari-hari seperti memegang gelas, berjalan, naik tangga dsb.  Sendi yang rusak bisa terasa di pergelangan kaki, pergelangan tangan, di jari tangan, jempol kaki dsb. 

Batu Ginjal

Efek ini terjadi saat asam urat yang menumpuk di ginjal karena tidak bisa diolah oleh organ ginjal untuk dikeluarkan melalui urine dan feses. Batu ginjal ini akan memberikan rasa sakit saat buang air kecil, nyeri di pinggang sampai ke perut bagian bawah. Batu ginjal jika tidak diatasi akan berakibat fatal pada siklus kerja ginjal yang kita miliki, tak jarang bisa sampai ke penyakit gagal ginjal juga.

Gangguan Tidur 

Ini mungkin dianggap efek yang sederhana tanpa merasakan sakit yang berlebih. Namun sebaliknya gangguan tidur ini bisa dikatakan lebih menguras tenaga karena ingin tidur namun terganggu dengan asam urat. Serangan gout(asam urat) yang tiba-tiba bisa membuat tidur sudah nyaman namun secara tiba-tiba terbangun karena serangan gout. Selain itu juga karena adanya peradangan oleh asam urat membuat tidur tidak nyenyak. 

Mental Terganggu

Saat tubuh terkena asam urat tinggi akan mengalami kegelisahan, serta stress dengan keadaan yang dialami. Mulai dari rasa sakit, ruang gerak yang terbatas dan tak jarang membuat orang tidak bisa melakukan hobi olahraganya lagi seperti badminton, futsal, tenis dsb

Keadaan Ini bisa membuat orang yang memiliki asam urat tinggi merasakan gelisah sepanjang hari karena kegiatan sehari-harinya sedikit terganggu. Kondisi inilah yang membuatnya mencoba berbagai cara agar kadar asam urat nya kembali dalam keadaan normal ataupun stabil di batas normal.

JIka anda tidak ingin mengalaminya, anda bisa melakukan pencegahan dengan konsumsi cuka nanas. Cuka nanas yang memiliki bromelain dan vitamin c bisa bantu meredakan nyeri serta membantu memecah kristal-kristal asam urat. 

Jika anda tertarik untuk mencegah dari 5 bahaya tersebut dengan cuka nanas NENAVIN bisa pesan di sin