Jangan Keliru, Ini Perbedaan Asam Urat dengan Rematik

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Asam Urat dengan Rematik

Apakah kamu bingung perbedaan asam urat dengan rematik karena gejalanya yang hampir sama? Tidak sedikit yang menganggap gejala rematik adalah gejala asam urat maupun sebaliknya.

Padahal kedua penyakit ini memiliki perbedaan gejala dan risiko kesehatan yang berbeda juga. Lantas, apa perbedaan asam urat dengan rematik? Simak selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Asam Urat: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Perbedaan asam urat dan rematik

Penjelasan singkatnya, asam urat merupakan penyakit sejenis nyeri sendi yang diakibatkan oleh kadar asam urat yang tinggi. Sedangkan, penyakit rematik adalah kondisi pembengkakan dan peradangan pada otot dan sendi. Jadi, cara mudah untuk membedakan keduanya adalah faktor pemicu penyakit tersebut.

Mengenal rematik

Perbedaan rematik dibandingkan dengan asam urat adalah rematik memiliki jenis yang beragam, seperti lupus, arthritis, dan sidrom sjogren. Tiap jenis rematik memiliki gejala yang hampir berbeda.

Sedangkan jenis rematik yang paling umum terjadi adalah arthritis. Rematik jenis ini dipicu oleh peradangan sendi akibat sistem imun tubuh yang melemah dan menyerang jaringannya sendiri.

Sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian tubuh tertentu, seperti tangan dan kaki. Biasanya seseorang yang mengalami penyakit ini kesulitan berjalan dan tidak dapat memaksimalkan fungsi tangan.

Asam urat

Berbeda dengan rematik, asam urat justru dipicu oleh tingginya kadar asam urat pada tubuh. Gejala umum yang menyerang penderita asam urat adalah bengkak dan nyeri pada bagian kaki terutama jari, nyeri sendi yang berulang, sendi memerah dan membengkak, dan rasa sakit yang muncul tiba-tiba.

Kondisi asam urat termasuk sangat berbahaya bagi kesehatan. Sebab asma urat dapat memicu penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati apabila terkena asam urat.

Untuk mengatasi keluhan asam urat, kamu sangat dianjurkan mengonsumsi cuka nanas Nenavin. Cuka nanas Nenavin adalah fermentasi olahan nanas yang berfungsi untuk turunkan kadar asam urat, mengatas nyeri sendi, dan menghilangkan pegal-pegal.

Jika kamu berminat membeli cuka nanas Nenavin, silakan klik pesan di bawah ini.

Pesan Nenavin