Ini Cara Tahu dan Mengontrol Lonjakan Gula Darah

Ini Cara Tahu dan Mengontrol Lonjakan Gula Darah

Kontrol lonjakan gula darah

Lonjakan gula darah terjadi saat kondisi gula darah menumpuk pada aliran darah. Tapi pada orang yang memiliki diabetes terjadi karena tubuh tidak mampu menggunakan glukosa secara optimal.

Apa sih yang di sebut gula darah itu?

Gula darah itu jadi sumber utama energi untuk badan kita. Makanan yang kita konsumsi sebagian besar akan di ubah menjadi glukosa  dan dilepaskan ke dalam aliran darah. Saat kondisi gula darah naik menjadi sinyal untuk pankreas agar melepaskan insulin. Insulin sendiri adalah sebuah hormon untuk membantu glukosa masuk ke sel anda  untuk digunakan sebagai energi.

Gejala gula darah tinggi apa saja?

Belajar tentang gula darah tinggi (hiperglikemia) bisa membuat gula darah anda bisa dikelola dengan baik. Biasanya gejala-gejala dari gula darah tinggi akan muncul saat kadar gula darah lebih dari 250 mg/dL dan gejala tersebut adalah seperti:

  1. Merasa haus
  2. Merasa lelah dan lemah
  3. Sakit kepala
  4. Sering buang air kecil (Kencing)
  5. Penglihatan kabur

Apa sih itu lonjakan gula darah?

Mengutip dari healthline.com “A blood sugar spike happens when glucose builds up in the bloodstream and your blood sugar levels increase. This may happen after eating.” yang artinya lonjakan gula darah terjadi ketika glukosa menumpuk di aliran darah dan kadar gula darah anda meningkat. Ini mungkin terjadi setelah makan.

Lonjakan gula darah ini akan berakibat fatal jika tidak diatasi. Lonjakan gula darah ini biasanya bakal terjadi saat anda makan makanan yang tinggi gula, konsumsi yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. serta tidak memperhatika pola makan yang baik.

 

Berapa batas gula darah normal?

Gula darah memiliki kadar batas wajar, pre diabetes,  dan diabetes yang perlu di waspadai. Mengutip dari Center for Disease of Control and Prevention atau cdc.gov  bahwa gula darah normal bisa di tes melalui berbagai cara yakni dengan A1C test, Fasting Sugar Blood Test, Glucose Sugar Test yang bisa dilihat pada gambar ini..

 

 

https://www.cdc.gov/diabetes/images/basics/CDC_Diabetes_Social_Ad_Concept_A2_Facebook.png

Lalu setelah mendapatkan angka-angka tersebut tentu kontrol gula darah perlu dilakukan untuk meminimalisir dapat angka yang buruk ataupun tetap stabil di angka normal. 

Apa yang perlu dilakukan untuk mengelola gula darah?

Gula darah perlu dikelola agar tidak melonjak disaat yang tidak kita inginkan. Mengelola gula darah bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut ini:

  1. Pantau kadar gula darah Anda untuk mengetahui apa yang menyebabkannya naik atau turun.
  2. Makanlah dengan waktu yang teratur, dan jangan sampai melewatkan waktu makan.
  3. Memilih makanan yang mengandung rendah kalori, lemak jenuh, lemak trans, gula, serta garam.
  4. Awasi pola makan, minuman, dan aktivitas fisik Anda.
  5. Minumlah air putih sebagai pengganti jus atau soda.
  6. Batasi dan bila perlu hindari minuman yang mengandung alkohol.
  7. Untuk suguhan yang manis-manis, pilihlah buah-buahan yang tidak terlalu mengandung gula tinggi.

Jika anda ingin mengelola gula darah, anda bisa mengkonsumsi cuka nanas nenavin karena cuka nanas mengandung enzim bromelain untuk bantu proses penyembuhan luka pada penderita diabetes, vitamin c yang bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu mengontrol kadar gula darah.

Apakah anda berminat untuk melakukan pembelian cuka nanas nenavin, anda bisa menggunakan tombol dibawah untuk memesan produk kami.