Pengidap Diabetes Perlu Hindari 6 Buah ini

Pengidap Diabetes Perlu Hindari 6 Buah ini

Ilustrasi buah mengandung indeks glukosa tinggi (IG)

Buah tentu bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Buah juga bisa dikonsumsi setiap harinya serta mudah untuk kita dapatkan di mall atau[un di pasar tradisional.

Namun apakah anda tahu kalau buah ada yang bisa dimakan juga yang tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti lonjakan gula darah, dsb. Terdapat buah yang memilki kandungan glikemik yang bisa membuat masalah penderita diabetes tipe 1 dan 2 jika nekat makan buah ini. Namun ada beberapa sumber yang mengatakan boleh makan buah-buahan ini, dengan catatan tidak berlebihan. 

Buah-buah yang dimaksud adalah seperti berikut ini

Mangga

Walaupun mangga memiliki kandungan vitamin yang cukup berlimpah seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, kalium, zat besi, serat, karbohidrat, antioksidan, asam folat dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya. 

Namun mangga juga memilki indeks glikemik, padabuah mangga segar(165 gram) memiliki kandungan gula 22grm memiliki kandungan gula 20 gram.

Pisang 

Pisang memiliki berbagaai manfaat untuk tubuh seperti menjaga kesehatann jantung, meningkatkkan kesehatan pencernaan, mengontrol berat badan danberbagai manfaat lainnya. Namun apakah anda tahu? Kalau pisang memiliki kandung gula yang cukup tinggi di 15,4 gram gula di setiap 126gram pisang

Anggur 

Buah ini memang memiliki rasa yang lezat dan tak bisa dipungkiri kenapa orang suka dengan rasa buah ini. Selain buahnya yang enak di rasakan juga buah ini cukup prestige dengan harga yang mendekati 100 ribu untuk 1 kg untuk jenis tertentu. 

Namun banyaknya orang yang membelinya, apakah anda tahu jika buah anggur memiliki kandunngan gula sebanyak 14 gram gula (porsi sajian 92 gram). Meskipun begitu anggur juga memilik manfaat seperti kandungan antioksidan tinggi untuk melindungi tubuh dari efek negatif radikal bebas.

Leci 

Buah ini memiliki kandung gula yang  tinggi di setiap 150 gram terdapat 29 gram gula. Buah ini juga dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan gula tinggi dan sebagai gambaran saja jika batas konsumsi yang disarankan oleh kementrian kesehatan 50 gram(4 sendok makan) gula per hari. Walaupun begitu buah leci juga mempunyai  kandungan polifenol yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Buah Pir

Buah ini sangat disukai karena manisnya serta saat mengunyahnya yang terasa segar. Buah ini juga enak dinikmati karena bijinya yang berada di tengah dan saat sudah dibuka pun tidak mudah layu seperti pada buah apel. 

Namun buah ini tidaklah jadi enak lagi saat anda menderita diabetes;  karena mengandung gula cukup tinggi diangka 17,4 gram disetiap 1 buah pir ukuran sedang (178 gram). Walaupun begitu manis rasanya buah memiliki kandungan serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan 22% serat harian.

Buah Semangka

Ketika orang mengucap “semangka” sudah langsung terbayang manisnya buah semangka dan segarnya dari buah ini. Buah ini mengandung gula/glukosa 10 gram di setiap 1 porsi semangka (152 gram). 

Meskipun begitu semangka juga mengandung air cukup banyak sehingga dapat menjaga tubuh terdehidrasi. Tak hanya itu, semangka juga mempunya kandungan gizi lainnya seperti vitamin C dan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.

Apakah anda masih sering konsumsi buah-buahan tadi? Jika iya, ada baiknya untuk menguranginya dan menggantinya dengan buah-buahan lainnya yang masih di perbolehkan untuk pengidap diabetes karena