Mengenal With Mother atau Inang Cuka Pada Produk Cuka

Mengenal With Mother atau Inang Cuka Pada Produk Cuka

Pernahkah kamu menemukan kata “With mother” pada kemasan produk cuka? Biasanya kata-kata tersebut ditemani dengan kata lain, seperti unfiltered (tidak disaring), raw (mentah), unpasteurized (tanpa pasteurisasi), dan unrefined (tanpa refinasi).

With mother atau inang cuka kerap ditonjolkan sebagai unggulan para produsen untuk menunjukkan keutamaan produk tersebut. Lantas, apa itu with mother atau inang cuka? Simak selengkapnya berikut ini!

Mengenal with mother

Kata mother pada cuka adalah kolono bakteri asam asetat yang terbentuk selama proses fermentasi. Proses tersebut melibatkan perubahan gula pada buah menjadi asam asetat. Sehingga rasa pada cuka memiliki cita rasa yang khas.

Selama proses fermentasi tersebut, bakteri menghasilkan massa jelatinous yang mengambang serta membuat air terlihat keruh. Itulah yang dinamakan dengan mother atau inang cuka. Mother mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, enzim, dan bakteri baik.

Manfaat with mother pada cuka

Alasan produk cuka tidak menyaring atau membiarkan inang cuka pada air fermentasi adalah manfaatnya yang melimpah ruah. Justru dari inang tersebut yang menciptakan kesempurnaan manfaat dari cuka itu sendiri.

Berikut adalah manfaat with mother pada cuka bagi kesehatan tubuh:

  • Mengontrol gula darah
  • Menurunkan kadar asam urat tinggi
  • Mengontrol tekanan darah
  • Mengurangi kolesterol jahat
  • Meningkatkan penyerapan nutrisi
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Menyehatkan sistem pencernaan

Penggunaan cuka buah

Meski manfaat cuka buah sangat melimpah, sayangnya tidak banyak orang yang menggunakan cuka buah sebagai minuman pendamping mereka. Umumnya mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakan cuka buah yang tepat.

Sebenarnya kamu tidak perlu bingung cara menggunakan cuka buah. Ada beberapa saran penggunaan cuka buah agar tetap terasa nikmat dan segar, meliputi:

  1. Mencampurkan cuka buah dengan air dingin dan diminum setiap hari
  2. Menambahkan cuka buah pada salad atau sebagai saus makanan
  3. Mengombinasikan cuka buah, madu, dan air sebagai minuman sehari-hari

Cukup mudah, kan? Kamu bisa mempraktikkan cara-cara tersebut. Jangan sampai kamu sia-siakan manfaat dari cuka buah untuk kesehatan tubuhmu. Salah satu cuka buah yang halal dan lolos BPOM adalah cuka nanas Nenavin.

Cuka nanas Nenavin adalah cuka buah hasil fermentasi dari olahan buah nanas. Bagi kamu yang tertarik menggunakan cuka nanas Nenavin, silakan klik pesan di bawah ini.

Cuka Nanas Nenavin