Muslim Wajib Tahu! 5 Hidup Sehat ala Rasulullah SAW

Dalam kehidupan yang semakin sibuk, kita seringkali lupa untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Padahal, Rasulullah memberikan teladan hidup sehat melalui Sunnah-Nya, yang tak hanya mendalam secara spiritual, tapi juga memberikan petunjuk tentang gaya hidup sehat.

Lantas, bagaimana Rasulullah mengajarkan pada kita untuk menerapkan hidup sehat? Yuk, simak bacaan di bawah ini agar hidup kita berkualitas.

Hidup sehat ala Rasulullah

Mari kita lihat lima langkah untuk menerapkan gaya hidup sehat ala Rasulullah:

1. Makan bernutrisi tinggi

Rasulullah mengajarkan kita umat muslim untuk mengonsumsi makanan bernutrisi. Dengan makan makanan yang baik maka kesehatan tubuh akan terjaga. Sehingga organ tubuh tidak akan rusak. Cara ini merupakan tanda kita bersyukur kepada Allah SWT.

Selain menyantap makanan yang baik, kita diajarkan untuk mengunyah secara perlahan dan mensyukuri setiap suapannya. Coba praktikkan makan tanpa terburu-buru dan nikmati setiap hidangan dengan syukur.

2. Aktivitas fisik yang menyenangkan

Rasulullah senang bergerak! Aktivitas fisik yang menyenangkan seperti berjalan kaki atau bermain olahraga merupakan bagian dari Sunnah-Nya. Coba tambahkan kegiatan fisik yang kamu nikmati dalam rutinitas sehari-hari kamu.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik secara rutin bisa membawa keuntungan melimpah bagi kesehatan tubuh, lho. Salah satunya mencegah dari risiko asam urat dan diabetes.

3. Tidur yang berkualitas

Rasulullah memberikan perhatian khusus pada tidur yang berkualitas. Cobalah untuk menjaga jadwal tidur yang teratur dan menciptakan suasana yang tenang sebelum tidur. Ini akan membantu kamu merasakan manfaat tidur yang cukup, seperti yang diajarkan oleh Nabi.

4. Hidup sederhana dan penuh bersyukur

Rasulullah hidup dengan sederhana dan selalu bersyukur. Mulailah dengan mensyukuri setiap nikmat kecil dalam hidup kamu dan coba kurangi keinginan untuk hidup berlebihan.

Hidup sederhana dapat membawa kedamaian dalam pikiran dan hati. Pikirkan apa yang kamu butuhkan dan hanya sekedar keinginan semata. Dengan menjaga ini, kamu sudah menerapkan hidup sehat ala Rasulullah yang tidak menyia-nyiakan barang.

5. Puasa sebagai kebiasaan sehat

Puasa adalah Sunnah yang tidak hanya memiliki manfaat spiritual tetapi juga kesehatan. Kamu bisa mencoba puasa sunnah seperti Senin-Kamis atau puasa pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan. Ini membantu membersihkan tubuh dan meningkatkan kebugaran.

Dengan mengikuti petunjuk sederhana ini, kita bisa menjalani gaya hidup sehat ala Rasulullah tanpa harus merasa terbebani. Selain yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menambah rutinitas baru, yaitu konsumsi minuman sehat cuka nanas.

Cuka nanas merupakan minuman sehat yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah tubuh dari penyakit. Apabila kamu terarik konsumsi cuka nanas, klik pesan di bawah ini!

Pesan Cuka Nanas